Kecelakaan Tambang

Tabrakan DT 6×4 di Jalan Hauling, Nov 2011

KronologiMitsubishiHino

Foto diatas diharapkanmampu memberikan gambaran yang cukup jelas tentang kecelakaan terjadinya tabrakan di jalan hauling antara DT 6×4 Hino dengan DT 6×4 Mitsubishi di salah satu PKP2B di Kalimantan Selatan.

Kecelakaan tersebut berakibat cidera “Mati” yang menimpa operator DT Hino (full load).

Berdasarkan Analisis terhadap Fakta dan data (4P) di dapat bahwa korban dalam kondisi sehat, tidak fatique dan kompeten untuk mengoperasikan DT Hino

Berdasarkan analisis terhadap peralatan, dalam hal ini DT 6×4 Hino, menunjukkan bahwa:

  1. Rem masih dalam kondisi layak operasi
  2. Posisi gear saat terjadi kecelakaan adalah gear 8 (kec. sekitar 70 – 80 km/jam)

Berdasarkan analisis terhadap kondisi jalan, didapatkan bahwa kecepatan maksimum yang diijinkan di jalan hauling adalah 60 km/jam. Sedangkan berdasarkan perhitungan kecepatan maksimum yang aman di jalan hauling berdasarkan design jalan (perhitungan berdasarkan perbandingan gaya gesek dengan gaya sentrifugal), dimana penentuan koefisien gesek dilakukan berdasarkan pedoman pada AASHTO, adalah 54 km/jam, atau lebih kecil kecepatan maksimum yang diijinkan (60 km/jam)

Artinya, walaupun operator tidak melakukan tindakan tidak aman (tidak overspeed) atau tidak melampaui batas kecepatan yang diijinkan yaitu 60 km/jam, bisa saja celaka apabila kecepatannya diatas 54 km/jam.

Masalah design atau perancangan jalan hauling yang sesuai menjadi salah satu yang sangat perlu mendapat perhatian serius, khususnya rekayasa dalam hal turning radius dan super elevasi, dan perlu diperhatikan bahwa setiap penambahan belokan, selalu dilakukan evaluasi keselamatannya.

Terimakasih dan Salam

Horas Pasaribu

0

    2 Comments

  1. Salam Tambang Bang

    Terima kasih atas articelnya saya selalu membuka articel-articel Abang, dan tentunya sangat bermanfaat bagi saya dan perusahaan saya, trims

    • Selamat siang Pak/Bu,

      Senang mendengar jika website ini dapat memberi manfaat,
      mohon maaf, boleh saya tau Bapak/Ibu dari perusahaan mana?

      Terimakasih dan Salam
      Horas Pasaribu

Comments are closed.