Serba serbi

Guru Kencing Berdiri, Murid Kencing Berlari..

murid dan guru

“Guru kencing berdiri, murid kencing berlari….”

Peribahasa diatas menggambarkan bahwa murid/bawahan/anak buah, dan sejenisnya biasanya akan meniru apa yang kita lakukan, akan meniru bagaimana kita bersikap, akan meniru bagaimana kita berperilaku. Bahkan yang ekstrim lagi, jika seorang pemimpin berbuat buruk, maka pengikut-pengikutnya akan berbuat lebih buruk daripada yang dilakukan oleh pemimpin tersebut. Atau dengan kata lain, sebaik-baiknya murid, tidak lebih baik dari gurunya (jika dia hanya berguru pada satu guru).

Akan tetapi, ini bukan pelajaran Bahasa Indonesia. Mari kita lihat foto diatas. Foto orang yang mengenakan baju warna biru tersebut adalah seorang Site Manager dari sebuah kontraktor di PKP2B, sedang berdiri di workshop.

“Bisakah anda bayangkan BAGAIMANA ANAK BUAHNYA BERPERILAKU DI TEMPAT KERJA dengan melihat Site Manager tersebut?”Dengan sangat gamblang peribahasa diatas menjelaskannya…

Jadi, buat para miners, terutama pengawas, mari memberi contoh bagaimana perilaku yang berbudaya K3, semakin tinggi standar contoh anda, akan semakin tinggi budaya K3 anak buah anda. Ingat kewajiban kita, Kepmen PE 555.K, Pasal 12, pengawas harus menjamin keselamatan anak buah, dan Pasal 32, bahwa kita harus menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain.

SEMANGAT PAGI

Horas Pasaribu

0